Museum Surabaya Berbenah, Pamer Spot Foto Instagramable dan Kisah Kota Pahlawan

Asa Ardiana

Museum Surabaya Berbenah, Pamer Spot Foto Instagramable dan Kisah Kota Pahlawan

Surabaya – Museum Surabaya yang berlokasi di Gedung Siola Lantai 1 Jalan Tunjungan, kini tampil dengan wajah baru yang lebih menarik. Tak hanya menyajikan sejarah Kota Surabaya dari masa ke masa, museum ini juga dihiasi dengan spot foto instagramable yang memikat hati anak muda.

Sejak memasuki museum, pengunjung diajak untuk menjelajahi perjalanan sejarah Surabaya, mulai dari masa pra kolonial, masa kolonialisme, masa pemerintahan militer Jepang, masa pascaproklamasi, hingga gambaran Surabaya di masa depan.

Museum Surabaya Berbenah, Pamer Spot Foto Instagramable dan Kisah Kota Pahlawan

Kisah-kisah tersebut dipamerkan melalui berbagai media, seperti replika relief, foto-foto bersejarah, benda-benda peninggalan, hingga diorama yang memikat. Salah satu spot yang menjadi favorit pengunjung adalah kisah transformasi Surabaya menjadi kota pelabuhan yang ditampilkan dengan sorotan proyektor.

Lia (21), salah satu pengunjung, mengungkapkan kekagumannya terhadap spot ini. "Bagus kalau foto di sini, jadi bisa lihat siluet diri kita di layar. Museum Surabaya bener-bener berubah, sekarang jadi bagus banget," ujar Lia.

Senada dengan Lia, Risa (22) juga memuji wajah baru museum ini. Menurutnya, revitalisasi museum ini dapat menarik minat anak muda untuk mengunjungi wisata sejarah dan menghidupkan kembali pariwisata Kota Surabaya. "Mungkin dengan revitalisasi museum ini, anak-anak muda jadi bisa lebih tertarik datang ke wisata sejarah sekaligus meramaikan pariwisata Kota Surabaya," ungkapnya.

Museum Surabaya tak hanya menawarkan spot foto instagramable, tetapi juga mengajak pengunjung untuk mengenal berbagai budaya masyarakat di Kota Surabaya, seperti budaya masyarakat Kampung Pecinan, Kampung Arab, dan kawasan yang kerap didatangi orang Eropa di Surabaya.

Selain itu, museum ini juga menceritakan sejarah hidup Soekarno yang lahir dan pernah bersekolah di Kota Surabaya. Terdapat pula kisah setiap Wali Kota yang pernah memimpin Kota Surabaya, termasuk pengenalan kebijakan-kebijakan dan pembangunan strategis infrastruktur yang pernah dilakukan di masa mereka.

Di bagian akhir museum, pengunjung disuguhkan dengan visi untuk Kota Surabaya di masa depan. Surabaya digambarkan sebagai kota yang akan mempromosikan tanggung jawab teknologi, pemerintahan partisipatif, hingga partisipasi anak dalam pengambilan keputusan.

Dengan wajah baru yang lebih menarik dan informatif, Museum Surabaya siap menjadi destinasi wisata edukatif yang memikat hati para pengunjung, khususnya anak muda, dan menghidupkan kembali sejarah Kota Pahlawan.

Also Read

Tags

Topreneur