Surabaya Raih 23 Penghargaan Proklim, Kado Terindah di HUT RI ke-79

Asa Ardiana

Surabaya Raih 23 Penghargaan Proklim, Kado Terindah di HUT RI ke-79

Surabaya, Topreneur – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyebut perayaan HUT ke-79 RI di Surabaya diwarnai dengan kado istimewa. Kado tersebut berupa diraihnya 23 penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Prestasi ini menjadikan Surabaya sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang menerima penghargaan Proklim terbanyak.

"Kado terindahnya ya Proklim ini. Surabaya menerima penghargaan Proklim paling banyak di Indonesia. Ada kampung yang mendapat kategori Lestari, Utama, dan Mandiri. Ini menunjukkan bahwa kampung di Surabaya terus berinovasi untuk menjaga lingkungannya," ujar Eri dengan bangga, Jumat (16/8/2024).

Surabaya Raih 23 Penghargaan Proklim, Kado Terindah di HUT RI ke-79

Keberhasilan ini tidak hanya berhenti di situ. Pemkot Surabaya juga menerima penghargaan Piagam Apresiasi Pembina Proklim Tahun 2024. Dua kampung, yaitu di Kelurahan Pagesangan dan RW 1 Banjar Sugihan, berhasil meraih penghargaan tertinggi berupa Trophy Proklim Lestari.

"Dua kali berturut-turut mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Proklim di Kota Surabaya. Semoga di tahun depan lebih banyak (kampung) dari tahun ini. Hingga tahun 2024, total Surabaya mendapatkan 59 penghargaan Proklim. Bukan untuk penghargaanya, tetapi bagaimana menjaga dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman," jelas Eri.

Selain Proklim Lestari, 21 kampung iklim di Surabaya juga mendapatkan penghargaan Proklim Utama. Eri berharap semua perkampungan ini bisa menjadi kampung iklim.

"Contoh ada salah satu kampung yang meraih Proklim Mandiri di Maspati Kecamatan Bubutan. Maka kita akan membuat melalui Perwali sehingga nanti semua kampung di Surabaya bisa semangkin banyak menjadi kampung iklim," ungkapnya.

Di momen kemerdekaan ini, Eri juga mengungkapkan bahwa Surabaya akan diramaikan dengan berbagai kegiatan, seperti lomba, upacara 17 Agustus di Balai Kota, dan pertunjukan teatrikal mengenang para pejuang di Kota Surabaya dan Indonesia.

"Kita lihat menyambut kemerdekaan ke-79, semua OPD mengadakan lomba untuk menguatkan kemerdekaan ini. Saya berharap di ulang tahun ke-79 ini, kemerdekaan maka kita bersama-sama, salah satunya hadiah terindah proklim," tutup Eri.

Also Read

Tags

Topreneur