Hening di Makam Pahlawan, Pj Gubernur Jatim Ingatkan Tugas Bangun Negeri

Asa Ardiana

Hening di Makam Pahlawan, Pj Gubernur Jatim Ingatkan Tugas Bangun Negeri

Surabaya – Di tengah malam yang hening, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan 10 Nopember, Surabaya, Sabtu (17/8) dini hari. Suasana khidmat menyelimuti upacara peringatan HUT Ke-79 RI ini, dengan Adhy sebagai Inspektur Upacara.

Di hadapan para peserta AKRS yang terdiri dari TNI, Polri, siswa Pramuka, dan Kepala OPD Pemprov Jatim, Adhy mengajak semua untuk mendoakan arwah para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan. "Semoga arwah para pahlawan diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sebaiknya," ucap Adhy Karyono membacakan naskah AKRS.

Hening di Makam Pahlawan, Pj Gubernur Jatim Ingatkan Tugas Bangun Negeri

Taman Makam Pahlawan 10 Nopember menyimpan kisah heroik perjuangan bangsa. Di tempat ini, terbaring 3.953 makam dari TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil, dan pejuang. Terdapat pula 53 makam yang tak diketahui namanya, namun tetap dihormati dan dikenang. "Kita menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," lanjut Adhy.

Usai memimpin AKRS, Adhy, yang akrab disapa demikian, mengingatkan pentingnya mengisi kemerdekaan dengan kontribusi positif bagi bangsa dan negara. "Kita harus bersyukur, hidup di era pasca kemerdekaan. Tugas kita adalah mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya di semua bidang, membangun negara dengan hal-hal yang positif," tegasnya.

Adhy juga menyinggung kesiapan Jawa Timur sebagai poros ekonomi untuk Indonesia Timur, menyusul rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan. "Tema tahun ini adalah Nusantara baru Indonesia maju. Jawa Timur siap menjadi gerbang Nusantara baru untuk Indonesia maju, dengan pengembangan UKM dan dukungan ekonomi untuk wilayah timur," ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Adhy mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melupakan sejarah dan jasa para pahlawan. "Jangan pernah lupakan sejarah bangsa kita, Indonesia. Pegang teguh nilai-nilai Pancasila," pungkasnya.

Pesan Adhy Karyono menjadi pengingat bagi semua untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dengan membangun bangsa dan negara yang lebih maju dan sejahtera. Hening di Makam Pahlawan menjadi refleksi bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menghormati jasa para pahlawan dan menjalankan tugas masing-masing demi kemajuan bangsa.

Also Read

Tags

Topreneur