Waduh! Kamera Mobil Listrik Toyota bZ4X Bermasalah, Ribuan Unit Ditarik!

Asa Ardiana

Waduh! Kamera Mobil Listrik Toyota bZ4X Bermasalah, Ribuan Unit Ditarik!

Jakarta – PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi mengumumkan penarikan kembali (recall) untuk mobil listrik bZ4X produksi Desember 2022 hingga Agustus 2023. Ribuan unit terdampak recall ini akibat masalah pada kamera depan dan belakang.

"Kami menghimbau pemilik bZ4X produksi tersebut untuk segera mendatangi bengkel resmi Toyota terdekat guna dilakukan pemeriksaan," ujar Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Waduh! Kamera Mobil Listrik Toyota bZ4X Bermasalah, Ribuan Unit Ditarik!

Masalahnya terletak pada proses pengelasan laser yang kurang optimal pada wadah kamera di supplier. Hal ini menyebabkan wadah kamera berpotensi terlepas jika terkena tekanan eksternal dalam jangka waktu tertentu. Kondisi ini memungkinkan air masuk ke dalam kamera dan berisiko menyebabkan korsleting pada sirkuit.

Akibatnya, kamera depan dan belakang mobil tidak dapat menampilkan gambar area di depan dan belakang kendaraan dengan baik.

"Jika kondisi ini terjadi dan tidak segera diperbaiki, keamanan dan kenyamanan berkendara akan terganggu," tegas Anton.

Pemilik bZ4X yang terdampak dapat memeriksa status kendaraannya melalui website resmi https://www.toyota.astra.co.id/ssc, atau menghubungi Toyota Customer Care 24 jam di nomor telepon 1-500-315 dan Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui Whatsapp di nomor 0811-1500-315.

Proses pemeriksaan dan perbaikan Front View Camera dan Rear View Camera di bengkel resmi Toyota dilakukan secara gratis. Estimasi waktu pemeriksaan sekitar 50 menit hingga 2 jam. Jika diperlukan penggantian parts, waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam hingga 4 jam, tergantung model kendaraan.

"Kami sarankan pemilik kendaraan untuk melakukan booking jadwal terlebih dahulu agar proses pemeriksaan dapat berjalan lancar dan tidak perlu menunggu antrean terlalu lama," tambah Anton.

Toyota berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan memastikan keamanan serta kenyamanan berkendara bagi seluruh pengguna bZ4X.

Also Read

Tags

Topreneur