BYD Geser Honda dan Nissan, Merek China Berjaya di Pasar Mobil Global

Asa Ardiana

BYD Geser Honda dan Nissan

Produsen mobil asal China, BYD, terus menorehkan prestasi gemilang di pasar global. Berdasarkan data penjualan kuartal kedua tahun ini (April-Juni), BYD berhasil melampaui Honda Motor dan Nissan Motor, menempatkan dirinya sebagai produsen mobil terbesar ketujuh di dunia.

Kenaikan penjualan BYD didorong oleh permintaan yang tinggi terhadap kendaraan listriknya yang terjangkau. Pada kuartal ini, penjualan BYD melonjak 40% menjadi 980.000 unit, sementara sebagian besar produsen mobil terkemuka, termasuk Toyota Motor dan Volkswagen Group, justru mengalami penurunan penjualan.

Pertumbuhan signifikan BYD terutama ditopang oleh penjualan di luar negeri yang meningkat tiga kali lipat menjadi 105.000 unit pada tahun ini. Pada kuartal kedua tahun lalu, BYD masih menempati peringkat ke-10 dunia dengan penjualan 700.000 kendaraan.

Sejak saat itu, BYD terus melesat. Mereka berhasil menyalip Nissan dan Suzuki Motor, dan bahkan mengalahkan Honda untuk pertama kalinya pada kuartal terakhir.

Saat ini, satu-satunya produsen mobil Jepang yang masih unggul dari BYD adalah Toyota, yang memimpin pasar global dengan penjualan 2,63 juta kendaraan pada kuartal kedua.

Geely dan Chery Automobile, dua produsen mobil lainnya dari China, juga masuk dalam 20 besar produsen mobil dengan penjualan terbesar di dunia pada periode April-Juni.

Keberhasilan BYD di pasar global, khususnya di China, tak lepas dari strategi mereka dalam menawarkan kendaraan listrik yang terjangkau. Hal ini terbukti dengan lonjakan penjualan BYD di China, pasar mobil terbesar di dunia, yang mencapai 35% pada bulan Juni.

Keberhasilan BYD menjadi bukti nyata bahwa produsen mobil China semakin kuat dan siap bersaing di pasar global. Ke depannya, BYD diprediksi akan terus menjadi ancaman serius bagi produsen mobil tradisional, baik di dalam maupun di luar China.

Also Read

Tags

Topreneur