Anies Gagal Dicalonkan PDIP, Dahlan Iskan Ungkap Luka Lama Ahok dan Anies!

Mas Addy

Anies Gagal Dicalonkan PDIP, Dahlan Iskan Ungkap Luka Lama Ahok dan Anies!

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan batal mengusung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta. Partai pemenang Pemilu 2024 itu memilih kader tulennya, Pramono Anung dan Rano Karno sebagai pasangan calon untuk Pilkada DKI Jakarta 2024.

Bendahara Umum PDIP, Olly Dondokambey, mengonfirmasi bahwa surat rekomendasi untuk pasangan Pramono-Rano sedang dalam proses persiapan. "Pramono-Rano," kata Olly di Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Anies Gagal Dicalonkan PDIP, Dahlan Iskan Ungkap Luka Lama Ahok dan Anies!

Sebelumnya, Anies Baswedan terlihat mengenakan pakaian tenun berwarna merah di kediamannya di Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Berdasarkan foto yang didapatkan awak media, Anies terlihat sungkem meminta restu ibunya Aliyah Rasyid Baswedan, serta istrinya, Ferry Farhati, di ruang keluarga. Anies, yang merupakan salah satu calon gubernur DKI Jakarta juga sebelumnya telah menyambangi markas PDIP Jakarta guna membahas Pilkada tersebut.

Jurnalis Senior, Dahlan Iskan melihat dari dua sisi kalau saja Anies jadi dicalonkan PDIP untuk jabatan gubernur Jakarta. Sisi baik dan sisi buruk.

Sisi baiknya menurut Dahlan, PDI-Perjuangan menunjukkan sikap kebangsaan yang luar biasa. Anies yang di masa lalu dicitrakan sebagai lambang ‘kanan’ dirangkul oleh partai yang dicitrakan sebagai ‘kiri’. "Itu tidak hanya baik. Itu luar biasa baik. Bagi bangsa. Bagi pendidikan kebangsaan. Yang kanan bisa bergeser ke kiri. Yang kiri mau bergeser ke kanan. Terbentuklah kekuatan kanan dalam dan kiri dalam. Bahkan, kalau bisa, mereka bergeser ke tengah. Alangkah hebatnya bangsa ini," tulis Dahlan Iskan dikutip dari Catatan Harian Dahlan di Topreneur bertajuk ‘Damai Ahok’ edisi Senin 26 Agustus 2024.

Namun, Dahlan juga melihat sisi buruknya. Ia menyinggung soal sejarah luka yang dalam antara Ahok dan Anies. "Ahok punya sejarah luka yang dalam dengan Anies. Luka itu akan sulit disembuhkan," tulis Dahlan.

Dahlan tidak menjelaskan lebih lanjut soal luka tersebut, namun pernyataan ini memicu spekulasi tentang hubungan Ahok dan Anies yang diwarnai konflik di masa lalu.

Pengamat politik menilai, keputusan PDIP untuk tidak mengusung Anies bisa jadi dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kemungkinan konflik internal yang bisa muncul jika Anies diusung.

Also Read

Tags

Topreneur