Gerindra Kocok Ulang Paslon Pilbup Tulungagung, Ketua DPC Kini Jadi Cawabup

Asa Ardiana

Gerindra Kocok Ulang Paslon Pilbup Tulungagung, Ketua DPC Kini Jadi Cawabup

Perubahan mendadak terjadi di bursa Pilbup Tulungagung. Topreneur mendapatkan informasi bahwa DPP Partai Gerindra melakukan kocok ulang komposisi bakal pasangan calon kepala daerah yang akan diusung. Rekomendasi yang sebelumnya diberikan untuk Ahmad Baharudin-Danang diubah menjadi Gatut Sunu Wibowo-Ahmad Baharudin.

Ketua DPC Partai Gerindra Tulungagung, Ahmad Baharudin, menyatakan bahwa surat rekomendasi B1-KWK telah diserahkan langsung oleh pimpinan DPD Partai Gerindra Jatim kepada Gatut Sunu Wibowo-Ahmad Baharudin (Gabah). "Alhamdulillah, sudah kami terima surat rekomendasinya, diserahkan di Surabaya hari ini tadi. Kami senang bisa mendapatkan kepercayaan partai, ya kami laksanakan perintah partai," ungkap Baharudin pada Selasa (27/8/2024).

Gerindra Kocok Ulang Paslon Pilbup Tulungagung, Ketua DPC Kini Jadi Cawabup

Perubahan komposisi calon kepala daerah yang mulanya menempatkan Baharudin sebagai calon bupati menjadi calon wakil bupati diterima dengan lapang dada. "Komposisinya ya Gabah itu, Pak Gatut cabup dan saya cawabup," jelasnya.

Selain dari Partai Gerindra, Baharudin mengklaim akan mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar dan PKS. Rekomendasi akan diserahkan oleh masing-masing pimpinan partai pada Selasa malam. "Nanti kami akan ke DPP Golkar untuk menerima rekomendasi," ujarnya.

Baharudin juga mengaku bahwa tambahan dukungan berupa rekomendasi maju Pilbup Tulungagung juga akan dia dapatkan dari sejumlah partai nonparlemen, seperti Perindo, PKN, dan Partai Ummat. "Insyaallah besok kami akan mendaftar ke KPU Tulungagung sekitar pukul 10.00 WIB," imbuh Baharudin.

Menjelang pendaftaran, Partai Demokrat memberikan kejutan di Tulungagung. Partai pimpinan AHY itu memberikan rekomendasi kepada pasangan Santoso-KH Samsul Umam. Santoso merupakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tulungagung, sedangkan KH Samsul Umam merupakan Ketua Baznas Tulungagung.

"Betul untuk pasangan Santoso-KH Samsul Umam," kata Ketua DPC Partai Domokrat Tulungagung Sofyan Heryanto.

Terkait pasangan ini, DPP Partai Demokrat memberikan waktu hingga besok kepada jajaran DPC Tulungagung untuk mencari koalisi, sebab Demokrat hanya memiliki 33.825 suara dari batas minimal pencalonan 7,5 persen atau 49.905 suara. "Kami diberikan kesempatan untuk mencari koalisi," jelasnya.

Perubahan komposisi paslon ini tentu akan mewarnai peta politik di Tulungagung. Kita tunggu saja bagaimana dinamika politik di Tulungagung menjelang Pilbup.

Also Read

Tags

Topreneur