Bupati Tulungagung Diperebutkan 4 Pasangan, Ada Manuver Politik Menarik!

Asa Ardiana

Bupati Tulungagung Diperebutkan 4 Pasangan, Ada Manuver Politik Menarik!

Topreneur – Perhelatan Pilkada Tulungagung semakin seru! Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung resmi menutup pendaftaran bakal calon kepala daerah (bacakada) pada Jumat (30/8/2024). Hasilnya, ada empat pasang kandidat yang siap bertarung memperebutkan kursi bupati.

"Alhamdulillah ada empat pasangan yang mendaftar, semuanya sudah memenuhi syarat," ujar Ketua KPU Tulungagung, Lutfi Burhani.

Bupati Tulungagung Diperebutkan 4 Pasangan, Ada Manuver Politik Menarik!

Berikut daftar pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang siap bertarung di Pilkada Tulungagung:

1. Maryoto Birowo-Didik Girnoto Yekti (Mardinoto)

Pasangan ini diusung oleh PDIP, Partai NasDem dan PAN. Maryoto Birowo (71) adalah mantan birokrat berpengalaman di Tulungagung, pernah menjabat sebagai kepala dinas pendidikan hingga sekretaris daerah. Ia juga pernah menjabat sebagai wakil bupati mendampingi Syahri Mulyo. Didik Girnoto Yekti (47) merupakan Kepala Desa Tunggulsari, Kecamatan Kedungwaru, dan pernah menjadi pekerja migran di Taiwan.

2. Gatut Sunu Wibowo-Ahmad Baharudin (Gabah)

Pasangan ini diusung oleh Partai Gerindra, Partai Golkar dan PKS. Gatut Sunu (56) merupakan mantan Wakil Bupati Tulungagung yang mendampingi Maryoto Birowo. Ia juga dikenal sebagai pengusaha di Tulungagung. Gatut Sunu yang merupakan kader PDIP, memutuskan untuk maju melalui partai lain, sehingga diusulkan untuk dipecat dari partai banteng. Ahmad Baharudin (52) adalah anggota DPRD sekaligus Ketua DPC Partai Gerindra Tulungagung, juga dikenal sebagai pengusaha.

3. Santoso-KH Samsul Umam

Pasangan ini diusung oleh Partai Domokrat, PPP PBB dan Partai Buruh. Santoso (59) adalah birokrat yang berpengalaman di berbagai instansi di lingkup Pemkab Tulungagung, terakhir menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tulungagung. Ia juga aktif di organisasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Tulungagung. KH Samsul Umam adalah salah satu pengasuh Pondok Pesantren Ma’hadul Ilmi wal ‘Amal (MIA) dan menjabat sebagai Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tulungagung.

4. Budi Setiyahadi-Susilowati (Sehati)

Pasangan ini diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Budi Setiyahadi adalah pengusaha asal Desa Gempolan, Kecamatan Pakel Tulungagung. Ia sudah tiga kali gagal dalam kontestasi pilkada di Tulungagung. Sebelumnya, Budi sempat mendaftar ke PDIP untuk memperebutkan rekomendasi. Susilowati (49) merupakan politikus yang dua periode duduk di kursi DPRD Tulungagung. Ia menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Tulungagung 2019-2024. Manuver politik Susilowati menarik perhatian publik. Pada hari pertama pendaftaran, ia mengantarkan pasangan Maryoto Birowo-Didik Girnoto Yekti yang diusung PDIP mendaftar ke KPU. Namun di hari terakhir, Susilowati mundur dari jabatannya sebagai ketua dan kader PDIP, lalu membelot dan maju sebagai calon wakil bupati melalui PKB.

Pilkada Tulungagung 2024 diprediksi akan berlangsung sengit dengan manuver politik yang menarik. Publik menantikan bagaimana strategi dan program yang ditawarkan oleh masing-masing pasangan calon untuk memenangkan hati masyarakat Tulungagung.

Also Read

Tags

Topreneur