Panik! Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang, Ada Apa?

Mas Addy

Panik! Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang, Ada Apa?

Topreneur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas angkat bicara soal kisruh e-meterai yang bikin pelamar CPNS 2024 pusing tujuh keliling. Masalah ini bahkan memaksa pemerintah untuk memperpanjang masa pendaftaran CPNS 2024 hingga 10 September 2024.

Anas menegaskan bahwa pemerintah terus berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Peruri untuk mencari solusi terbaik. "Kami terus berkoordinasi dengan masalah yang terjadi di lapangan dengan Badan Kepegawaian Negara dan Peruri. Salah satu opsi yang pemerintah ambil adalah dengan memperpanjang masa pendaftaran Seleksi CASN hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB," jelas Anas dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Panik! Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang, Ada Apa?

Sebelumnya, pendaftaran CPNS melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dijadwalkan berakhir pada 6 September 2024. Namun, kendala teknis dalam pembelian dan pemanfaatan meterai elektronik membuat proses pendaftaran para peserta terhambat.

"Terkait hal ini, kami juga terus berkoordinasi dengan Peruri sebagai instansi pengampu meterai elektronik untuk segera mengatasi kendala yang terjadi serta juga menyiapkan opsi lainnya. Yang dapat dipastikan adalah keputusan yang diambil pemerintah tidak akan merugikan pelamar seleksi CPNS," tegas Anas.

Dengan perpanjangan waktu ini, Anas meminta para pelamar untuk menyiapkan berkas pendaftaran dengan cermat dan detail agar terhindar dari kesalahan. Hal ini dilakukan sambil menunggu perbaikan terkait pembelian dan pemanfaatan meterai elektronik.

Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya menjelaskan bahwa Peruri telah berupaya maksimal untuk memulihkan layanan meterai elektronik yang mengalami lonjakan penggunaan menjelang penutupan masa pendaftaran CPNS. Hal ini mengakibatkan pelambatan hingga layanan meterai elektronik tidak dapat diakses. Namun, kini layanan tersebut telah dapat diakses kembali.

"Saat ini layanan meterai elektronik untuk CPNS sudah dapat diakses kembali dan Peruri berkomitmen untuk memastikan ketersediaan meterai eletronik bagi semua pelamar CPNS," ujar Dwina.

Semoga dengan perpanjangan waktu ini, para pelamar CPNS 2024 dapat menyelesaikan proses pendaftaran dengan lancar dan tanpa kendala.

Also Read

Tags

Topreneur