Rano Karno Ingin Program Berkelanjutan untuk Jakarta

Mas Addy

Rano Karno Ingin Program Berkelanjutan untuk Jakarta

Topreneur – Calon Wakil Gubernur Jakarta, Rano Karno, menekankan pentingnya program berkelanjutan untuk Jakarta. Menurutnya, Jakarta membutuhkan kelanjutan program yang sudah ada, bukan program baru. Hal ini disampaikan Rano saat bertemu dengan Anies Baswedan di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Jakarta, Minggu (1/9/2024).

Rano menjelaskan bahwa program pemerintah daerah terbagi menjadi dua kategori: urusan wajib dan urusan pilihan. Urusan wajib seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan lingkungan menjadi prioritas utama. Sementara urusan pilihan, seperti dinas kehutanan atau pertamanan, bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi kota.

Rano Karno Ingin Program Berkelanjutan untuk Jakarta

"Engga bisa (program baru), tapi berkelanjutan karena kita juga engga bisa lepas dengan pusat," tegas Rano. "Kalau dibilang program baru saya berani bilang, Pemda itu program itu cuman masuk 2 kategori, yang pertama urusan wajib, kedua urusan pilihan."

Rano juga menekankan pentingnya ruang terbuka hijau di Jakarta, mengingat suhu kota yang semakin panas. "Apakah ada nanti tentang ruang terbuka hijau? Itu wajib apalagi sekarang panasnya sudah 38 derajat nih," ungkap Rano.

Program pilihan, menurut Rano, bisa berubah dari satu gubernur ke gubernur lainnya, tergantung pada situasi dan kondisi kota serta alam pada saat menjabat.

Also Read

Tags

Topreneur