Honda Siap Hancurkan Dominasi Kawasaki dengan CBR 4 Silinder!

Asa Ardiana

Honda Siap Hancurkan Dominasi Kawasaki dengan CBR 4 Silinder!

Topreneur – Kawasaki baru saja menorehkan prestasi dengan meluncurkan Ninja ZX-25R dan ZX-4R, motor sport empat silinder yang langsung memikat hati para pecinta kecepatan. Namun, kebahagiaan Kawasaki mungkin tak akan bertahan lama. Honda dikabarkan siap meluncurkan CBR 4 Silinder yang siap bersaing langsung dengan motor andalan Kawasaki tersebut.

Perseteruan Honda dan Kawasaki memang sudah lama terjadi. Kawasaki sempat berjaya dengan Ninja 250cc dan KLX series, namun Honda dengan cepat merebut pangsa pasar dengan CBR250 dan CRF150L. Kini, Honda kembali mengincar dominasi pasar dengan CBR 4 Silinder.

Honda Siap Hancurkan Dominasi Kawasaki dengan CBR 4 Silinder!

Honda dan Kawasaki memang sudah memiliki model empat silinder 400cc di pasar Jepang. Namun, Kawasaki lebih dulu meluncurkan ZX-4R ke pasar global. Honda CBR400R di Jepang menggunakan mesin turunan dari CBR500R yang juga tersedia di Malaysia. Mesin tersebut dimodifikasi dengan mengurangi bore dari 66,8mm menjadi 56,6mm, sementara stroke tetap 67mm. Hal ini membuat kapasitas mesin berkurang dari 471cc (dua silinder) menjadi 399cc (empat silinder).

Sementara itu, Honda telah mengajukan paten untuk CBR400R Four di Amerika Serikat. Meskipun paten belum tentu menjadi produk akhir, namun hal ini menunjukkan minat Honda yang besar di segmen tersebut.

Pertarungan sengit antara Honda dan Kawasaki di segmen motor sport 4 silinder tampaknya akan semakin panas. Kita tunggu saja siapa yang akan keluar sebagai pemenang.

Also Read

Tags

Topreneur