Andalan Hati Jauh Unggul, Pengamat Ungkap Alasannya!

Mas Addy

Andalan Hati Jauh Unggul, Pengamat Ungkap Alasannya!

Topreneur – Dua lembaga survei baru saja merilis hasil survei untuk Pilgub Sulsel 2024. Hasilnya mengejutkan, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) unggul jauh meninggalkan lawannya, Danny Pomanto-Azhar Arsyad (DIA).

Indeks Politica Indonesia (IPI) mencatat tingkat elektabilitas Andi Sudirman-Fatma mencapai 63,4%, sementara Danny Pomanto-Azhar hanya 22%. Lembaga survei Indikator juga menunjukkan hasil serupa, dengan tingkat elektabilitas Andi Sudirman 46,3% dan Danny Pomanto 9,6%.

Andalan Hati Jauh Unggul, Pengamat Ungkap Alasannya!

Muhammad Rhesa, pengamat politik dari Universitas Negeri Makassar (UNM), menilai hasil survei kedua lembaga tersebut sangat masuk akal. "Tingginya elektabilitas Andi Sudirman itu rasional, karena dia sudah dikenal luas sebagai gubernur. Selama menjabat, dia juga relatif tidak memiliki kontroversi di masyarakat," ujar Rhesa di Makassar, Senin (9/9/2024).

Rhesa menjelaskan, teori psikologis "bias konfirmasi" berperan dalam fenomena ini. "Jika masyarakat tidak menemukan alternatif pemimpin yang lebih baik, memilih yang lain dianggap lebih berisiko. Secara psikologis, hal ini membuat masyarakat lebih memilih Andi Sudirman Sulaiman," jelasnya.

Selain itu, pasangan Andalan Hati memiliki basis pendukung yang kuat. "Fatmawati Rusdi memiliki basis di Ajatappareng, seperti Kabupaten Sidrap, Pinrang, Parepare, serta Dapil 3 Sulsel yang merupakan basis dari suaminya, Rusdi Masse," tambah Rhesa.

Also Read

Tags

Topreneur