Thorium: Bahan Bakar Mobil Masa Depan?

Asa Ardiana

Thorium: Bahan Bakar Mobil Masa Depan?

Topreneur – Hidrogen mungkin disebut sebagai bahan bakar masa depan, tapi tahukah kamu bahwa ada bahan bakar yang jauh lebih kuat? Stephen Hawking, fisikawan ternama, memprediksi bahwa bahan bakar terkuat akan ditemukan, dan prediksinya ternyata benar! Bahan bakar itu bernama thorium, dan berpotensi untuk merevolusi dunia.

Konsep mobil bertenaga thorium didasarkan pada penggunaan thorium, material radioaktif, sebagai bahan bakar. Mesin ini memanfaatkan thorium untuk menghasilkan panas melalui proses fisi nuklir, yang kemudian diubah menjadi listrik untuk menggerakkan mobil. Bayangkan, satu gram thorium bisa menghasilkan energi setara dengan 28.000 liter minyak bumi!

Thorium: Bahan Bakar Mobil Masa Depan?

Keuntungan lain dari thorium adalah limbah radioaktif yang dihasilkan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan fisi nuklir konvensional. Bahkan, ada yang memperkirakan mobil bertenaga thorium bisa berjalan selama 30 tahun tanpa perlu diisi ulang!

Namun, meskipun potensi teknologi ini sangat besar, mobil bertenaga thorium masih dalam tahap konsep. Belum ada model nyata yang berhasil dibuat. Meskipun ada beberapa proyek yang mengusulkan penggunaan bahan bakar ini, semuanya masih dalam tahap awal.

Salah satu contohnya adalah desain Cadillac World Thorium Fuel Concept yang dibuat pada tahun 2009 oleh Loren Kulesus. Desain ini hanyalah konsep abstrak dan tidak dimaksudkan sebagai desain fungsional. Laser Power Systems juga mengusulkan ide mobil bertenaga thorium, tetapi hingga kini belum ada prototipe nyata yang dihasilkan.

Meskipun mobil bertenaga thorium belum menjadi kenyataan, NASA telah mempertimbangkan penggunaannya untuk roket yang tidak dapat digunakan ulang. Tantangan utama teknologi ini adalah biayanya yang sangat tinggi.

Apakah mobil bertenaga thorium akan menjadi kenyataan di masa depan? Kita tunggu saja perkembangannya!

Also Read

Tags

Topreneur