Gen Z Jateng Pilih Andika-Hendi?

Mas Addy

Gen Z Jateng Pilih Andika-Hendi?

Topreneur – Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah (Jateng) Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Andika-Hendi) di kalangan Gen Z dan milenial ternyata sangat unggul. Hasil survei Timur Barat Research Center (TBRC) menunjukkan hal tersebut.

Survei yang dilakukan pada 5-15 September 2024 di 35 kabupaten/kota di Jateng ini melibatkan 1.800 responden yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024. Hasilnya, pasangan Andika-Hendi yang diusung PDI Perjuangan, unggul jauh dibandingkan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin yang diusung oleh KIM Plus.

Gen Z Jateng Pilih Andika-Hendi?

Johanes Romeo, Direktur Eksekutif TBRC, menjelaskan bahwa survei ini dilakukan untuk melihat preferensi politik warga Jateng menjelang Pilkada 2024. "Hasil survei ini menunjukkan bahwa Gen Z dan milenial di Jateng memiliki preferensi yang kuat terhadap pasangan Andika-Hendi," ujar Romeo.

Survei ini menggunakan teknik simple random sampling dan proporsional. Sebanyak 53,8% responden merupakan pemilih Gen Z dan milenial, sementara 46,2% lainnya adalah Gen X, baby boomer, dan pre-boomer. Margin of error survei ini adalah 2,31% pada tingkat kepercayaan 95%.

Also Read

Tags

Topreneur