Ferrari V12 818 HP: Raja Baru Jalanan Lahir di Maranello

Redaksi

Ferrari 12Cilindri telah resmi diluncurkan di Indonesia dalam sebuah acara eksklusif di Jakarta. Mobil ini terinspirasi oleh mobil-mobil Grand Tourer legendaris Ferrari dari era 1950-an dan 60-an, dan dapat dianggap sebagai penerus Ferrari 812 Superfast.

Salah satu daya tarik utama Ferrari 12Cilindri adalah mesin V12-nya, yang merupakan lini mesin tertinggi Ferrari. Mesin ini memiliki konfigurasi tengah-depan, berarti mesin berada di belakang as roda depan, sehingga memberikan keseimbangan handling yang optimal.

Desain Ferrari 12Cilindri merepresentasikan evolusi terbaru dari garis keturunan mobil-mobil sport Ferrari. Garis-garisnya sederhana namun elegan, dengan perangkat aerodinamis aktif yang terintegrasi untuk performa maksimal. Siluetnya memancarkan kesan sporty dan berkelas.

Kap mesin yang berengsel depan memberikan akses mudah untuk melihat ruang mesin yang menakjubkan. Sementara itu, dua knalpot kembar yang khas Ferrari semakin memperkuat kesan sporty dan powerful dari mobil ini. Lampu depan dan belakang dirancang dengan bentuk bilah yang unik dan modern, menjadi ciri khas desain Ferrari 12Cilindri.

Mesin F140HD: Jantung Pacu Ferrari 12Cilindri

Ferrari 12Cilindri ditenagai oleh mesin F140HD, versi terbaru dari mesin V12 naturally aspirated Ferrari. Mesin 6.500 cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 830 CV (Cavallo Vapore) atau setara dengan 818 tenaga kuda, dengan putaran maksimum hingga 9.500 rpm.

Keunggulan mesin ini terletak pada kurva tenaganya yang impresif. 80 persen dari torsi total sudah tersedia pada 2.500 rpm, menjamin akselerasi yang responsif dan bertenaga di berbagai putaran mesin. Beberapa komponen dan perangkat lunak mesin ini diadopsi dari Ferrari 812 Competizione.

Teknologi Ringan untuk Performa Optimal

Untuk mencapai putaran mesin yang sangat tinggi, para insinyur Ferrari memfokuskan diri pada pengurangan bobot dan inersia komponen mesin. Mereka menggunakan batang piston titanium yang 40 persen lebih ringan dibandingkan dengan batang piston baja, tanpa mengurangi ketahanan mekanisnya.

Piston-pistonnya terbuat dari campuran aluminium yang lebih ringan. Poros engkol juga dikalibrasi ulang sehingga lebih ringan 3 persen. Ferrari juga menggunakan sistem katup dengan sliding finger follower, teknologi yang diadopsi dari mobil Formula 1.

Sistem sliding finger follower ini terbuat dari baja dengan pelapis Diamond-Like Carbon (DLC), yang mengurangi koefisien gesekan dan meningkatkan efisiensi mekanis mesin. Penggunaan teknologi-teknologi ini menghasilkan performa mesin yang luar biasa, tetapi tetap efisien.

Kesimpulan

Ferrari 12Cilindri bukanlah sekadar mobil sport mewah biasa. Mobil ini merupakan perpaduan sempurna antara desain ikonik, teknologi canggih, dan performa luar biasa. Dengan mesin V12 yang bertenaga dan desain yang elegan, Ferrari 12Cilindri menetapkan standar baru di kelasnya.

Kehadiran Ferrari 12Cilindri di Indonesia menunjukkan komitmen Ferrari untuk terus menghadirkan mobil-mobil terbaik kepada para penggemarnya di seluruh dunia. Mobil ini menawarkan pengalaman berkendara yang tak terlupakan bagi para pencinta mobil sport sejati.

Diharapkan kehadiran Ferrari 12Cilindri ini dapat semakin meramaikan pasar otomotif mewah di Indonesia dan memicu persaingan yang lebih ketat di segmen supercar. Dengan harga yang dipastikan tinggi, Ferrari 12Cilindri menjadi simbol prestise dan kemewahan.

Also Read

Tags