Toyota Kijang Innova kembali menunjukkan dominasinya di pasar otomotif Indonesia. Berdasarkan data penjualan _wholesales_ Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Maret 2025, Innova menjadi mobil terlaris.
Keberhasilan ini terutama ditopang oleh varian Innova Reborn diesel matic yang sangat diminati konsumen.
Innova Reborn Diesel Matic: Juara Penjualan Kuartal Pertama 2025
Data Gaikindo menunjukkan bahwa Innova Reborn diesel matic menguasai 46,67% pangsa penjualan dari total penjualan Innova Reborn dan Zenix.
Dari total 16.532 unit Innova Reborn dan Zenix yang terdistribusi, 7.712 unit di antaranya adalah Innova Reborn diesel matic.
Sementara itu, Innova Zenix Hybrid terjual sebanyak 2.738 unit, dan Innova Zenix non-hybrid sebanyak 6.082 unit.
Popularitas Innova Reborn diesel matic menunjukkan bahwa mesin diesel masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar konsumen Indonesia.
Perbedaan Innova Reborn dan Zenix: Mesin dan Platform
Perbedaan mendasar antara Innova Reborn dan Zenix terletak pada mesin dan platformnya. Innova Reborn mempertahankan mesin diesel, yang tak ditemukan pada Zenix.
Innova Zenix sepenuhnya mengandalkan mesin bensin, dengan beberapa varian menawarkan teknologi hybrid untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
Selain mesin, Innova Reborn tetap menggunakan penggerak roda belakang (RWD), sedangkan Innova Zenix mengadopsi penggerak roda depan (FWD) yang berbasis platform Toyota New Generation Architecture (TNGA): GA-C.
Perpindahan ke platform TNGA ini juga menandai perubahan struktur bodi dari ladder on frame menjadi monokok pada Innova Zenix.
Spesifikasi Mesin Innova Reborn dan Zenix
Innova Reborn diesel menggunakan mesin 2GD FTV, 2.393 cc, empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin ini menghasilkan tenaga 149 PS pada 3.400 rpm dan torsi 342,2 Nm pada 1.200-2.800 rpm.
Sementara itu, Innova Zenix bensin mengusung mesin 2.000 cc M20A-FKS Dynamic Force Engine dengan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 204,9 Nm.
Varian hybrid menggabungkan mesin 2.000 cc M20A-FXS dengan motor listrik, menghasilkan tenaga gabungan 186 PS.
Faktor Keberhasilan Innova Reborn Diesel Matic
Keberhasilan Innova Reborn diesel matic tidak terlepas dari beberapa faktor. Desainnya yang masih mempertahankan ciri khas MPV, serta penggerak roda belakang yang disukai banyak konsumen, menjadi daya tarik utama.
Mesin dieselnya yang bertenaga dan irit bahan bakar juga menjadi pertimbangan penting bagi pembeli mobil di Indonesia.
Kombinasi faktor-faktor ini menjadikan Innova Reborn diesel matic sebagai pilihan yang sangat kompetitif di segmennya, sehingga berhasil mendominasi penjualan di kuartal pertama 2025.
Ke depannya, menarik untuk melihat bagaimana persaingan di segmen MPV akan terus berkembang, dan apakah Innova mampu mempertahankan posisinya sebagai raja jalanan.