Mengenal Lebih Dekat Motor Herex: Sejarah, Ciri Khas, dan Tampilannya

Amerika Serikat punya gaya modifikasi motor Chopper, Jepang dengan Japanstyle, dan Indonesia punya aliran unik dan nyentrik: motor herex. Istilah ini mungkin masih asing bagi sebagian orang. Artikel ini akan mengupas tuntas apa itu motor herex, sejarahnya, ciri-ciri, hingga regulasinya.

1. Apa Itu Motor Herex?

Herex adalah singkatan dari Honda Exciting Rider Extreme. Awalnya, modifikasi ini populer di kalangan pembalap jalanan untuk meningkatkan performa mesin motor mereka. Namun, kini modifikasi ini sudah banyak diadopsi oleh penggemar otomotif secara umum.

Keunggulan modifikasi herex dibandingkan modifikasi drag race adalah tampilannya yang lebih “ramah” untuk penggunaan harian. Meskipun demikian, herex tetap berhasil memperkaya variasi aliran kustom di Indonesia.

2. Asal-Usul dan Perkembangan Motor Herex

Motor herex diyakini berasal dari Madiun, Jawa Timur. Ciri khasnya adalah penggunaan peninggi shock depan yang membuatnya lebih panjang, serta penggunaan stang jepit atau acerbis.

Awalnya, modifikasi ini banyak diterapkan pada motor Honda naked seperti CB 100 dan GL 100. Namun, seiring waktu, herex merambah berbagai merek motor dan dikenal luas di seluruh Indonesia. Meskipun namanya mengandung “Honda”, modifikasi ini sekarang sudah diterapkan pada berbagai merek motor.

3. Desain dan Tampilan Motor Herex

Secara umum, motor herex identik dengan motor Honda naked yang dimodifikasi dengan ban dan velg kecil, stang jepit, shock depan yang ditinggikan, dan peningkatan performa mesin. Namun, perlu dicatat bahwa banyak modifikasi herex yang tetap menggunakan ban standar.

Modifikasi herex tidak hanya fokus pada estetika. Performa mesin juga menjadi prioritas karena sejarahnya yang lekat dengan balap jalanan. Motor herex sering berkompetisi dalam balap drag dengan jarak 500-1200 meter.

4. Regulasi Motor Herex untuk Balapan dan Harian

Awalnya, motor herex digunakan untuk balap jalanan. Namun, untuk keamanan dan legalitas, disarankan untuk mengikuti kontes balap drag resmi di sirkuit.

Meskipun tampilannya terkesan lebih layak untuk penggunaan harian dibandingkan motor drag, penggunaan motor herex di jalan raya tetap dilarang. Modifikasi seperti penggunaan ban kecil, knalpot brong, dan pelepasan spion melanggar UU lalu lintas di Indonesia.

Kesimpulannya, motor herex merupakan modifikasi motor unik khas Indonesia yang lahir dari kreativitas dan semangat balap. Meskipun memiliki daya tarik tersendiri, penggunaannya di jalan raya perlu memperhatikan regulasi yang berlaku untuk keselamatan dan kenyamanan bersama.

Penulis: Muhammad Raffash Putra Wibiksana

Exit mobile version