Yamaha Nmax Turbo: Cengkeraman Kuat, Taklukkan Tanjakan Ekstrem

Redaksi

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru-baru ini merayakan 10 tahun Yamaha Nmax di Indonesia dengan mengadakan acara touring bertajuk “Nmax Experience: Ride A Decade” pada Sabtu, 26 April 2025. Acara ini memberikan kesempatan bagi para penggemar Nmax untuk merasakan langsung performa motor andalan Yamaha tersebut.

Salah satu peserta touring mencoba mengendarai Yamaha Nmax Turbo dari dealer Amie Jaya di Cibubur menuju Koffie Hideung, sebuah lokasi di ketinggian 620 meter di atas permukaan laut (mdpl) di kaki Gunung Sanggabuana, Karawang. Rute yang dipilih memang menantang, memerlukan motor dalam kondisi prima dan kemampuan berkendara yang baik untuk menaklukkan tanjakan terjal dan jalur berkelok.

Performa Yamaha Nmax Turbo di Medan Menanjak

Yamaha Nmax Turbo menawarkan dua mode berkendara: mode T (Town) untuk penggunaan perkotaan dan mode S (Sport) untuk pengalaman berkendara yang lebih agresif.

Peralihan antara mode T dan S terasa signifikan. Penggantian mode dilakukan dengan mudah melalui tombol khusus di setang kiri, dan perubahannya terlihat pada putaran mesin yang meningkat sekitar 500-1.000 rpm dalam kondisi konstan.

Tantangan tanjakan dan jalur berkelok mulai terasa saat melewati Jalan Cintalaksana. Mode S terbukti lebih responsif dan nyaman digunakan pada medan tersebut.

Akselerasi di mode S terasa lebih agresif, terutama saat tuas Y-Shift diaktifkan. Terasa dorongan tenaga tambahan yang signifikan membantu dalam manuver.

Teknologi YECVT dan Fitur Y-Shift

Sensasi “turbo” pada Nmax Turbo terutama terasa di bawah 7.000 rpm, sebelum VVA (Variable Valve Actuation) aktif. Fitur ini sangat membantu saat akselerasi awal dan menyalip kendaraan lain.

Tenaga tambahan ini dihasilkan oleh teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission). Sistem ini memanfaatkan motor listrik untuk membantu menggerakkan pulley depan, menggantikan fungsi roller konvensional.

Fitur Y-Shift memberikan dorongan tenaga ekstra, terutama terasa saat digunakan pada putaran mesin rendah saat menanjak. Tanjakan terjal pun dapat dilalui dengan mudah, bahkan tanpa mengaktifkan Y-Shift.

Perpaduan mode S dan Y-Shift pada Nmax Turbo menjadikan motor ini sangat cocok untuk touring. Akselerasi responsif dan tanpa hambatan menjadi nilai tambah utama.

Pengalaman Deselerasi dan Kesimpulan

Selain akselerasi yang mumpuni, sistem pengereman Nmax Turbo juga patut diacungi jempol. Deselerasi di mode S terasa kuat, mirip dengan motor bertransmisi manual, terutama saat menuruni tanjakan.

Sensasi deselerasi ini merupakan fitur unik di kelas motor matik 150 cc. Fitur ini memberikan kontrol yang lebih baik dan rasa aman saat berkendara.

Secara keseluruhan, Yamaha Nmax Turbo memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan, terutama untuk mereka yang gemar touring. Nama “Turbo” memang tepat menggambarkan peningkatan performa, khususnya pada akselerasi awal berkat teknologi YECVT. Penggunaan Y-Shift juga memberikan fleksibilitas dan kontrol yang lebih baik dalam berbagai kondisi jalan.

Dengan menggabungkan teknologi YECVT dan fitur Y-Shift, Yamaha telah berhasil menciptakan motor matik yang powerful dan responsif, cocok bagi para pencinta petualangan di jalanan.

Pengalaman touring ini membuktikan bahwa Nmax Turbo bukan hanya sekadar motor matik biasa, tetapi juga solusi ideal bagi mereka yang menginginkan performa yang optimal dan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Also Read

Tags

Topreneur